MENJADI JEMAAT DAMBAAN ALLAH ~ KHOTBAH POPULER

Monday, August 20, 2012

MENJADI JEMAAT DAMBAAN ALLAH

Belajar dari Jemaat Filipi, Menjadi Jemaat Dambaan Allah. Filipi 1:27-30.
Jemaat di Filipi begitu istimewa sehingga bisa disebut sebagai jemaat yang diidamkan. Jemaat Filipi bisa disebut sebagai Jemaat yang ideal/idaman, sebab mereka:
A.Filipi 1:1-11 (Kabanggaan Jemaat Filipi sebagai teladan)
1.Memiliki kebanggaan sebagai orang yang telah dipisahkan dari dunia atau menjadi milik Kristus. Bangga menjadi anak Tuhan/milik Kristus, dan harus siap menerima konsekuensi yang harus dihadapi. Firman Tuhan berkata: “Sebab kepada kamu dikaruniakan bukan saja untuk percaya kepada Kristus, melainkan juga untuk menderita untuk Dia.”
2. Memiliki kebanggaan dapat hidup di dalam Tuhan. Mereka bangga kepada Allah sebagai Juruselamat pribadi mereka. Jika saudara rindu menjadi seperti jemaat Filipi, hiduplah di dalam dan bersama dengan Kristus Yesus – meski bertolak belakang dengan kehidupan dunia. Dalam rangka pencapaian dan menikamati hidup berbangga dan bersukacita dalam kehidupan Kristen ialah menjadi ciptaan baru! Perhatikan, pengalaman untuk bisa membanggakan diri sebagai anak Tuhan yang hidup di dalam Dia adalah jika seseorang sudah mengalami perubahan hidup. Firman Tuhan dalam 2 Korintus 5:17 – “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” Perubahan hidup bisa terjadi ketika kita membuka hati dan menyerahkan hidup serta mengimani Yesus telah datang, dan mati di kayu salib untuk diri kita. Kenapa? Karena dengan kematianNya kesia-siaan, kemanusiaan kita yang fana diubahkan menjadi manusia baru yang memiliki pengharapan sampai pada kekekalan, yaitu sorga mulia. Lihat dan renungkan Firman Tuhan dalam 1 Korintus 6:20 – “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu.” 1 Petrus 2:9 – “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.” Semua dimulai dari kerinduan, kemauan, niat dan usaha serta penyerahan diri.
3. Memiliki kebanggaan karena mereka bersukacita dapat terlibat dan memberi diri, waktu dan hidupnya untuk pelayanan pekabaran Injil, baik langsung maupun tidak langsung.  Kita boleh bangga menjadi anak Tuhan, dipelihara, dilindungi, dan diberkati. Ada damai dan sukacita di dalam Dia. Tetapi jangan lupa, fungsi gereja (umat yang ada didalamnya) yang utama adalah siap bersaksi baik formal maupun non-formal. Jemaat Filipi menjadi gambaran gereja ideal di akhir zaman yang mempunyai visi yang jelas tentang pelayanan pekabaran Injil. Mereka begitu bersungguh-sungguh melayani melalui (waktu, tenaga, pikiran, harta), sehingga rasul Paulus memuji mereka. Bagaimana dengan kita saat ini. Bagaimana dengan gereja kita. Apakah sudah mengarah dan berusaha menjadi satu persekutuan jemaat yang dibanggakan di dalam Allah karena pelayannaya.
4. Memiliki visi eskatologi, yaitu visi tentang akhir zaman. Mereka punya pengharapan untuk hari esok. Kerinduan mereka adalah untuk sampai pada hari Kristus Yesus (hari kedatangan Yesus yang kedua kali). Sampai dalam pengertian dapat menikmati janji eskatologi. Itulah sasaran mereka. Visi ini pula yang harus kita miliki. Kalaupun secara fisik kita mungkin tidak akan tetap hidup sampai hari Kristus, tetapi hari Kristus itu juga membawa kebangkitan bagi mereka yang telah mati di dalam Dia. Saya yakin, gereja dalam menjelang akhir zaman akan semakin bertumbah di dalam kasih karunia, pengetahuan kebenaran Firman Allah, serta pengertian akan Firman Allah. 
  Syalom.....
Pdt.SPM..





Total Pageviews

Powered by Blogger.